SEKILAS INFO >
Selamat Datang di Website Pondok Pesantren Insan Tarbawi
Minggu, 08-09-2024

PENYULUHAN PHBS : ” Prilaku hidup bersih dan sehat di Pesantren”

Rabu, 27 September 2023

Hari ini Rabu tanggal  27 Oktober 2023, Para santri Pesantren Insan Tarbawi berkesempatan mendapat kunjungan dr Kurniati dan Mamah Amd. Keb Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Setu 2 Kabupaten Bekasi, sebuah kesempatan yang sangat berharga, mendapat sharing ilmu kesehatan yang berguna bagi seluruh santri. Sebagaimana diketahui, bahwa kesehatan sangatlah penting.  Dengan hidup bersih dan sehat di pesantren diharapkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan pesantren akan semakin menyenangkan dan berjalan lebih baik.

Sebaliknya jika Prilaku Hidup Bersih dan sehat  kurang diterapkan di sekolah/ Pesantren maka dampak yang akan ditimbulkan adalah terjadi penurunan prestasi dan semangat belajar, menurunkan citra sekolah dan
pesantren, serta suasana belajar yang tidak mendukung karena lingkungan yang kotor, keadaan kelas yang kotor, asrama yg kotor makanan yang kurang sehat dan tempat pembuangan sampah yang tidak bersih atau kurang tersedia banyak.

Contoh pelaksanaan PHBS di lingkungan Pesantren antara lain :

  1. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan,
  2. Mengkonsumsi jajanan sehat,
  3. Menggunakan jamban bersih dan sehat
  4. Olahraga yang teratur
  5. Memberantas jentik nyamuk
  6. Tidak merokok di lingkungan Pesantren
  7. Membuang sampah pada tempatnya,
  8. Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan Pesantren untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Semakin dini santri dikenalkan dengan PHBS dibawah bimbingan para guru dan musyrif di Pesantren , maka semakin melekat PHBS tersebut dalam kehidupannya sehari-hari di masa mendatang.

tak lupa, Ustadz Tino Wardani Lc Pengasuh Pondok Pesantren Insan Tarbawi juga memberikan pesan kepada para santri dan seluruh jajaran dewan guru dan Musyrif agar senantiasa menjalankan kehidupan dengan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat yang itu juga diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Acara ini di hadiri Para Santri kelas 7,8,9 dan Takhasus, serta guru dan musrif. diharapkan setelah acara ini, para santri lebih peduli lagi dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan Pesantren.

 

 

 

 

Tentang Kami

Pondok Pesantren Insan Tarbawi yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 2, Desa Taman Rahayu, Kec. Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat  sebagai salah satu Pondok Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal dan pesantren dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, profesional dan mandiri.

Berita Terbaru
2 September 2024
Alhamdulillah.. SMPIT Insan Tarbawi telah selesai mangikuti kegiatan Jambore ranting…
7 Juni 2024
ACARA WISUDA SANTRI/SISWA KELAS IX SMP IT INSAN TARBAWI  Sabtu,…
30 Oktober 2023
Minggu, 29 Oktober 2023 Dalam rangka Qubah EXPO 2023, Pesantren…
Pengunjung
  • 0
  • 0
  • 0
  • 6,565
  • 3,644