SEKILAS INFO >
Selamat Datang di Website Pondok Pesantren Insan Tarbawi
Senin, 16-09-2024

Anak Sholih Dambaan Setiap Orang Tua

Senin, 17 Juli 2023

Setiap Orang Tua pastilah menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh. Berharap ia menjadi tabungan akhirat yang nantinya akan menjadi pemberi syafaat bagi kedua orang tuanya. Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW di sebutkan bahwa salah satu amalan yang tidak akan terputus pahalanya adalah anak sholih yang selalu mendoakan kedua orang tuanya. 

Membentuk anak menjadi anak yang sholih membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit, harus ada kesabaran yang besar untuk menjadikan anak itu sholih. Anak terlahir dalam kondisi seperti kertas putih, kosong, orang tuanya dan lingkunganlah yang akan membentuk karatkter dan kepribadiannya sebagaimana Nabi SAW katakan “Setiap anak yang lahir dilahirkan di atas fitrah (suci). Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Majusi, atau Nasrani.” (HR Bukhari dan Muslim). Maka seyogyanya bagi orang tua agar memahami hal ini dengan baik.

Ada beberapa cara agar anak kita menjadi anak sholih

  1. Orang Tua harus menjadi Teladan yang baik bagi anaknya

Ini harus betul betul diperhatikan oleh setiap orang tua, jangan sampai kemudian malah justru orang tua menjadi teladan yang tidak baik bagi anaknya, anak akan selalu mencontoh perilaku kedua orang tuanya, karena orang tua adalah orang yang pertama kali dilihat dan dijadikan sebagai teladan bagi anak.

2. Mendoakan anak dengan penuh kesungguhan agar menjadi anak yang sholih

Di dalam Al Quran banyak sekali redaksi yang mana menyebutkan bahwa Nabi-Nabi terdahulu adalah mereka yang sangat bersungguh-sungguh dalam berdoa agar diberikan anak yang sholih, di surat As shoffat ayat 100 misalnya, di situ Nabi Ibrohim meminta kepada Allah agar diberikan anak yang sholih, beliau adalah orang yang sholih namun demikian tetap memohon kepada Allah agar di berikan anak yang sholih, ia tak hanya mengandalkan usahanya saja, namun juga berharap pertolongan dari langit.

3. Dekatkan anak dengan Al Quran

Al Quran adalah sumber pedoman setiap muslim, ia berisi nasihat-nasihat, hukum-hukum syariah dan kisah-kisah para Nabi, jika seorang anak  berinteraksi  terus menerus dengan Al Quran, menghayatai isi kandungannya dan mentadabburinya, pastilah akan memberi efek positif kepada Anak untuk menjadi anak yang sholih. Maka bagi orang tua hendaknya memberikan motivasi dan sarana agar anak semakin dekat dengan Al Quran, sehingga nantinya Al Quran akan menbuatnya menjadi anak yang sholih

wallahua’lam

 

 

 

 

*Penulis :Ustadz Tino wardani Lc

Pengasuh Pondok Pesantren Insan Tarbawi 

 

Tentang Kami

Pondok Pesantren Insan Tarbawi yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 2, Desa Taman Rahayu, Kec. Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat  sebagai salah satu Pondok Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal dan pesantren dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, profesional dan mandiri.

Berita Terbaru
9 September 2024
Acara dilaksanakan pada hari sabtu, 7 September 2024 di Gedung…
2 September 2024
Alhamdulillah.. SMPIT Insan Tarbawi telah selesai mangikuti kegiatan Jambore ranting…
7 Juni 2024
ACARA WISUDA SANTRI/SISWA KELAS IX SMP IT INSAN TARBAWI  Sabtu,…
Pengunjung
  • 0
  • 5
  • 4
  • 6,711
  • 3,692